Burung Kicau Mahal Yang Sering Diperlombakan

Burung menjadi salah satu jenis piaraan yang terkenal di Indonesia. Selainnya kekhasan corak di badannya, suara kicau jadi aspek khusus yang diperhitungkan beberapa kolektor ketika menentukan burung. Bahkan juga, semakin merdu suara kicauan burung, semakin mahal nilai jualnya! Nach, berikut beberapa macam burung kicau bernilai fenomenal yang kerap dilombakan.

Murai Batu

Raja burung kicau adalah julukan yang dipasangkan untuk murai batu. Memiliki tubuh imut, cuma sekitaran 29 gr saja, tipe burung ini terkenal dengan suara kicauannya yang merdu dan unik. Komunitas asli untuk murai batu bisa ditemui di Semenanjung Malaysia, Jawa, dan Sumatera. Macam dari tipe burung ini bermacam.

Untuk memperoleh satu ekor murai batu biasa, orang bahkan juga harus mengambil kantong sampai Rp2 juta lho. Harga burung ini akan naik dengan mencolok bila sukses memenangi beragam kejuaraan. Murai batu juara umumnya akan dijajakan di range Rp50 juta atau dalam beberapa kasus, harga dapat naik sampai Rp800 juta.

Kenari

Burung kicau berikutnya yang kerap ditemui dalam perlombaan ialah kenari. Harga burung ini termasuk mahal. Untuk harga paling rendahnya saja, Anda harus mempersiapkan uang minimal Rp200.000 per ekor. Namun, ada pula tipe kenari yang dibandrol dimulai dari Rp1 juta. Komunitas asli dari kenari datang dari Pulau Jawa.

Kacer

Selain disebut kacer, burung kicau ini dikenal juga bernama Kucica Kampong. Kerap ditemui di gelaran lomba burung kicau, harga kacer mahal. Harga seekor burung kacer dibuka dimulai dari Rp500.000 s/d Rp1,lima juta. Mahal atau tidak burung kacer juga tergantung pada suara kicau dan wujud fisiknya. Untuk kacer juara, harga pasti melewati harga standard di pasar, yaitu dapat capai beberapa puluh juta rupiah. Disamping itu, spesies kacer juga termasuk bermacam, diantaranya kacer putih, kacer Bali, kacer rimba, kacer poci, dan ada banyak kembali.

Lovebird

Burung mungil ini memiliki panjang badan sekitaran 13-17 cm. Selainnya terkenal dengan suara kicaunya yang merdu, lovebird disukai karena berwarna yang elok. Komunitas asli dari burung ini ada di Afrika, dengan tipe spesies yang bermacam. Tipe lovebird yang terkenal diantaranya lovebird Pipi, lovebird Nyasa, lovebird Abisinia, lovebird Muka Salem, dan sebagainya.

Untuk ciri-ciri lovebird yang dapat dilombakan, orang umumnya pilih yang mempunyai persyaratan berikut ini: paruh dengan pangkal yang tebal dan lebar dan kepala yang termasuk besar. Harga burung ini di pasar dibuka dimulai dari Rp400.000. Tetapi, apabila sudah sukses memenangi beragam perlombaan, harga dapat membumbung jadi Rp10 juta sampai Rp30 juta.

Simak Juga : harga burung

Cucak Hijau

Seperti namanya, burung kicau ini dikenali dengan bulu-bulunya yang warna hijau. Di alam bebas, cucak hijau termasuk semifighter atau tipe burung yang hidupnya bergerombol. Juga, dibanding spesies cucak yang lain, tipe burung yang ini mempunyai ukuran badan yang lebih mini.

Nah, untuk dapat disebutkan sebagai cucak hijau yang unggul, ada banyak persyaratan yang perlu disanggupi. Cucak hijau yang berkualitas umumnya memiliki paruh yang semakin besar dan tebal. Wujud badannya harus juga seimbang. Harga burung ini di pasar ada di range Rp400.000—Rp3 juta. Tetapi, jika sukses menyikat gelar juara, satu ekor cucak hijau dapat dibandrol sampai beberapa puluh juta rupiah.

Cucak Rowo

Jika dibandingkan dengan tipe burung berkicau yang lain, penampilan fisik dari cucak rowo termasuk biasa-biasa saja. Namun, suara kicau dari cucak rowo dikenali benar-benar keras dan merdu. Itu kenapa, harga seekor cucak rowo dapat dibandrol sampai Rp5 juta. Dalam pada itu, yang telah memiliki gelar juara, per ekornya dapat dipasarkan sampai Rp25 juta lho.

Jalak Suren

Fisik dari jalak suren menjadi salah satu daya magnet dari burung ini. Selainnya tentu saja karena kicauannya yang merdu, burung ini umumnya dibandrol pada harga dimulai dari Rp300.000—Rp1,lima juta. Juga, berlainan dengan tipe burung berkicau yang lain, badan jalak suren termasuk lebih panjang dan besar. Spesies dari burung ini juga variasi, diantaranya jalak suren Malaysia, jalak suren Jawa, jalak suren Akan, dan lain-lain.